Kamis, 07 Mei 2009

bicara CJ Feed Jombang

CJ Feed jombang sudah berdiri pada th 2004 lalu berlokasi di jln raya mojoagung - jombang, pabrik pakan ternak yang memproduksi kebutuhan petani ternak di indonesia. pada awal pendirian pabrik tersebut sempat terdengar penolakan oleh masyarakat sekitar desa plemahan, gambiran dan beberapa desa lainx, yg kuatir akan dampak bau yg ditimbulkan dari limbah produksi. tapi entah karena apa dan cara bagaimana akhirnya bangunan yg luas tersebut beroperasi. bila ada pertayaan kekhawatiran seputar bau limbah pihak mereka mengatakan sudah di AMDAL oleh sang ahlix, tidak dipungkiri dgn berdirinya pabrik itu, maka warga sekitar bisa mendapatkan pekerjaan.
berbagai hal dilakukan pabrik ke masyarakat sekitar agar tidak terjadi gejolak berarti karena limbah yg dihasilkan amat mengganggu, pemuda dijadikan tenaga kerja (10% un tenaga kasar) bantuan dana bila agustusan. berbagai pihak luar mulai ikut campur dlm hal tersebut dgn aktif mendekati warga yg mengaku sebagi LSM peduli lah..apalah...yg ujung2nya ada kepentingan lain. setelah beberapa waktu berjalan, masyarakat benar - benar merasakan dampak limbah pabrik tersebut, bila anda hidup di sekitar dusun SLOMBOK atau NGEROWO anda akan bisa merasakan betapa nikmat bau limbah produksi yg menusuk ke paru-paru, biasanya pagi hari dan menjelang malam bau tersebut benar menyesakkan dada. bila diadakan pemeriksaan kesehatan secara global pastinya akan kita dapati beberapa penyakit ISPA di masyarakat desa tersebut..radius bau limbah sampai tercium hampir 1 km dr pabrik.
selama ini memang tidak ada yg mengeluh sakit karena bau tersebut. akan tetapi dampaknya belum terasa dalam waktu dekat, kita tahu secara teoritis stadium penyakit yg bersarang di area pernafasan tdk menampakkan gejala yg jelas akan tetapi lambat laun menjadi berbahaya untuk jiwa dan lingkungan. katika saya pulang ke dusun, saya terganggu sekali dgn bau tersebut kemudian coba mencari info dari tetangga mereka bilang terganggu tapi gimana lagi mau berbuat apa...ada hal menarik waktu itu..warga akan mengadakan demo seputar pertanggung jawaban pabrik dgn masalah ini..tapi entah bagaimana bisa ibu2 dan anak2 balik ke rumah dgn tenang tidak sampai ke pabrik tanpa ada demo...berita burung mereka dapat kompensasi agar tdk jadi demo (kita ndak tahu siapa yg mengaturx)...pada dasarnya sebagai masyarakat yg terkena dampak bau limbah pabrik CJ feed membutuhkan solusi bukan janji agar tidak terjadi munculnya sesuatu dari pengaruh limbah tersebut...kita tunggu saja, apakah benar CJ Feed adalah perusahaan yg punya CSR (tanggungjawab sosial) besar terhadap lingkungannya.....istilah " jangan menunggu bola"kita bicara tentang realitas bukan karena berasal dari komunitas yg ingin mencari jalan pintas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar